Sejenak ke Kebun Raya Bogor saat pandemi

Cuti bersama yang ditetapkan pemerintah pada tanggal 28 dan 30 Oktober membuat akhir bulan Oktober 2020 menjadi spesial. Di tanggal itu warga Indonesia seperti diberi hadiah untuk bisa menikmati liburan di tengah pandemi covid-19. Banyak berita yang mengabarkan meningkatnya trafik perjalanan dari Jakarta menuju kota-kota lain.

Saya termasuk salah satu dari warga Indonesia yang menikmati cuti bersama. Di liburan singkat kali ini, saya memilih Kebun Raya Bogor sebagai tempat berlibur. Saya penasaran melihat bagaimana suasana wisata di lokasi paling dekat dengan istana kepresidenan dalam menyiapkan kawasannya menghadapi pandemi covid-19.

Pada saat itu saya memilih untuk menginap di salah satu hotel terdekat dengan Kebun Raya Bogor. Secara kebetulan hotel tersebut menawarkan fasilitas free shuttle untuk menuju ke Kebun Raya Bogor. Tanpa pikir Panjang lagi saya langsung memesan tempat untuk menggunakan fasilitas tersebut untuk keesokan harinya. Free shuttle ini beropersi setiap hari mulai dari pukul 9 pagi sampai pada pukul 3 sore.

Pengalaman cukup menarik ketika menggunakan fasilitas free shuttle ini. Saya menjadi tamu khusus sehingga ketika memasuki Kebun Raya Bogor saya tidak melewati pintu gerbang utama. Kami memasuki kawasan kebun raya bogor melewati gerbang gedung konservasi Lipi. Shuttle ini mengantar saya hingga pada area garden shop.

Setelah mendapatkan pengarahan singkat dari pemandu, saya langsung menuju ke area kolam. Di area kolam ini kita dapat melihat istana kepresidenan dari kejauhan. Kita tidak diijinkan untuk mendekat ke area istana kepresidenan karena memang area itu merupakan area terbatas.  Banyak wisatawan berfoto dengan latar belakang istana kepresidenan ini.

Selesai menikmati pemandangan istana kepresidenan, saya melanjutkan perjalanan menuju taman-taman yang lainnya. Rencana perjalanan saya waktu itu adalah melintasi kebun raya bogor dan keluar menuju pintu 3 kebun raya bogor yag terletak di sisi Jl Raya Pajajaran. Selama perjalanan ke pintu 3, saya disuguhkan dengan berbagai jenis pohon tinggi dan tanaman yang berasal dari berbagai daerah bahkan luar negeri. Setidaknya saya melewati Mexico garden, taman aquatic, ecodome dan taman anggrek.

Berkunjung di kebun raya bogor cukup membuat pikiran menjadi segar Kembali. Terlihat banyak muda mudi bahkan keluarga menikmati waktu bersama di tengah kebun raya yang rindang. Wisatawan khususnya keluarga banyak memanfaatkan rumput di bawah pohon besar untuk menggelar tikar sembari ibu-ibu menyiapkan makanan, terlihat juga bapak dengan anak bermain bulu tangkis. Banyak juga wisatawan yang memanfaatkan fasilitas seperti sepeda, golf car, maupun kereta kencana untuk mengelilingi kawasan kebun raya bogor. Memang kebun raya bogor menjadi salah satu tujuan favorit untuk melepas penat ketimbang enuju ke kawasan puncak yang pasti lebih ramai.

Pihak pengelola kebun raya bogor tampaknya mempersiapkan kawasan ini dengan baik terkait dengan adanya pandemi COVID-19 ini. Hal ini terlihat setiap pengunjung yang memasuki wilayah kebun raya bogor terlihat memakai masker. Memang protokol khusus diterapkan pada setiap pengunjung yang akan memasuki kebun raya bogor seperti wajib memakai masker, scan suhu tubuh, dan tepat cuci tangan ataupun cairan disinfektan yang tersedia. Disamping protokol-protokol tersebut, juga cukup sering terdengar himbauan-himbauan dari pengeras suara yang tersebar di seluruh area kawasan kebu raya bogor. Petugas kebun raya bogor juga terlihat secara bergatian berpatroli untuk menjaga protokol kesehatan dan keamanan. Sebuah mobil ambulan juga terlihat bersiap siaga melakukan pelayanan dengan tiga kru kesehatan didalamnya.

Pergi berlibur adalah hak setiap orang, namun ditengah pandemi virus covid-19 ini pemerintah juga untuk membatasi pergerakan kita agar meminimalkan penularan virus covid-19. Untuk itu alangkah baiknya kita tetap mematuhi protokol kesehatan yang dikeluarkan oleh pemerintah selama berlibur demi kesehatan kita semua.

Salam sehat, salam bahagia!!!

2 pemikiran pada “Sejenak ke Kebun Raya Bogor saat pandemi

1. Mantap mas! protokol kesehatan di Kebun Raya ketat banget, bagaimana dengan di shuttle bus-nya ya? btw… kena random rapid test dari pemerintah setempat tidak tuh? kabarnya ada random rapid test dari pemda. Sehat selalu mas.

Suka

1. Tenang… shuttelnya juga ada protokol covid. Tempat duduk diberikan jarak, disinfektan juga disediakan.
      Untuk rapid memang tidak ada, mungkin kemarin karena fokus di puncak. Yang terpenting protokol kesehatan harus keluar dari diri kita sendiri dulu.